Jumat, 24 Maret 2017

Bagaimana Menggunakan Cat dan Sifat Yang Terkait Dengan Cat


Bagaimana Menggunakan Cat dan Sifat Yang Terkait Dengan Cat
1.      Cat Air
Sesuai dengan namanya ini berbasis air. Oleh karena itu ketika kita menggunakannya kita harus mencampurkannya dengan air. Cait air itu sifatnya transparan. Transparan artinya tembus pandang. Yang dimakusd tembus pandang itu ketika kita mewarna satu warna katakanlah ini merah setelah kering kita timpa lagi dengan warna baru misalnya warna biru, maka pertemuan merah dan biru ini akan berubah menjadi warna campuran antara merah dan biru menjadi kemungkinan ungu. Jadi transparannya itu harus kita manfaatkan. Oleh karena itu cat air harusnya diperlakukan tipis encer, anda tidak bisa meminta cat itu segera muncul. Jadi kalau sudah kering baru bisa muncul warnanya.
        Ø  Air Brush : melukis menggunakan semprotan. ada selang yang disalurkan dari kompresor kemudian udara itu keluar dari sana, kemudian dihalangi oleh sejenis alat yang bisa mengeluarkan udara. Supaya udara yang keluar ini bisa menghasilkan sesuatu maka diaturlah udara yang keluar ini ditumpangi oleh cat.
Sebagai contoh, ada sejumlah pola yang dipakai misalnya ikan kemudian bentuk ikan itu diatur lalu disemprot. Cuma semprotan yang dipakai bukan semprotan kompresor tetapi diganti dan disederhanakan dengan sisir, sikat gigi atau saringan untuk membuat air teh. Jadi semakin halus saringan yang kita pakai maka semakin halus gambar yang bisa kita buat. Jadi kita bisa membuat gambar yang lain sesuai dengan kita inginkan.

2.      Cat Poster
Berbasis air dan lebih halus. Sifatnya opaque (menutup) jika warna satu kita letakkan, warna kedua kita letakkan warna satu itu akan tertutup. Bukan campuran tapi tumpukan. Kalau campuran warna itu masih basah bercampur dengan air dan menumpuk. Kalau bercampur pasti tidak akan menumpuk. Sementara opaque ketika  kita punya satu warna kita pulaskan dan setelah kering kita pulaskan lagi warna yang baru maka warna yang pertama akan tertutup. Biasanya pewarna yang opaque itu digunakan untuk membuat poster, makanya disebut cat poster. Zaman dulu orang membuat poster itu harus manual, digambar menggunakan  tangan, oleh karena itu poster-pster zaman dulu tidak ada yang awet, gampang rusak karena bukan seperti yang sekarang, kalau sekarang siapa saja tampaknya seperti bisa bikin poster asal bisa menempelkan huruf ada gambar dan sebagainya jadilah poster.

3.      Cat ARCYLIC
Sama dengan cat poster tapi cat ini lebih diutamakan awalannya untuk meragamkan penggunaan cat minyak dan lebih kasar. Jadi jika orang mau melukis diatas kanvas dulu tidak bisa memakai zat air maka digunakanlah cat Acrylic yang sebetulnya zat minyak untuk melukis diatas kanvas. Jadi dulu kalau lukisan itu harus menggunakan cat minyak karna diatas kanvas. Karna cat minyak itu pencampurnya minyak sementara cat air itu pencampurnya air maka dulu diperkirakan cat air itu tidak akan bagus menempel di kanvas. Karna kanvas terbuat dari bahan kain, tapi sekarang orang sudah lain berfikir dan ditemukan cat baru yang disebut cat acrylic. Cat Acrylic ini cat berbabis air tetapi bisa digunakan untuk melukis diatas kanvas.

 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar